Praktik Industri Bagi Mahasiswa Teknik Elektro UM



Halo para mahasiswa!! Khusus buat kalian para mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang, simak baik-baik tips memilih perusahaan untuk melaksanakan program praktik industri. Ya, memang praktik industri wajib dilaksanakan bagi kamu yang sudah berada di semester 6. Lalu apa saja tips suksesnya?

1. Jangan idealis memilih perusahaan
Wow, kenapa ini menjadi hal penting yang harus diperhatikan? Fakta di lapangan, banyak mahasiswa yang idealis dengan pilihan perusahaan yang akan dipilih sebagai tempat magang/praktik industri. Mungkin kamu salah satunya, idealis dalam memilih perusahaan maksudnya yaitu kamu bersikeras menginginkan perusahaan yang high class atau perusahaan yang memiliki rating bagus. Sebenarnya tujuan dari praktik industri adalah mempersiapkan kamu untuk bekerja, mengasah keterampilanmu yang kamu dapatkan saat berkuliah. Namun pasalnya banyak mahasiswa memilih perusahaan high class karena gengsi. Sebaiknya dalam situasi yang seperti ini, kamu harus mengesampingkan sikap yang seperti itu. Memang kesempatan terbuka lebar untuk bergabung dengan perusahaan tersebut selepas lulus dari perkuliahan, namun tak jarang peluang bergabung untuk magang di perusahaan tersebut kecil. Dimulai dari administrasi yang seringkali memusingkan, alur pendaftaran magang yang singkat, dan lain sebagainya. Maka dari itu, lebih baik kamu memanfaatkan waktu dengan baik daripada membuang waktu hanya untuk memilih perusahaan bergengsi. 
Hal yang perlu ditekankan di sini adalah, waktu tidak akan kembali, memanfaatkan waktu dengan baik akan lebih berarti. Tak memerlukan nama perusahaan yang besar, kamu hanya perlu melaksanakan praktik industri di perusahaan manapun, bahkan perusahaan kecilpun. 

2. Pilih perusahaan yang dekat dengan kampus
Apa salahnya jika memilih perusahaan yang dekat dengan rumah asal? Tak ada yang salah, namun perusahaan yang dekat dengan kampus akan memudahkan kamu dalam mengurus segala kebutuhan administrasi saat awal pelaksanaan praktik maupun di akhir pelaksanaan praktik. Penyakit malas akan merenggut para mahasiswa yang telah melaksanakan praktik industri. Tak jarang mahasiswa tersebut menunda pengerjaan laporan, dan lebih suka mengerjakannya di detik-detik akhir pengumpulan laporan. Mungkin kamu akan merasakannya nanti, hehe. Melihat kondisi yang seperti itu, dipastikan pengurusan administrasi kelengkapan laporan yang meliputi nilai praktik dari perusahaan, keperluan tandatangan pimpinan, dan lain sebagainya akan diperlukan nantinya. Maka dari itu, jika kamu tipe orang yang tak ingin ruwet bolak balik perusahaan yang jauh dengan universitas, saran yang tepat yaitu pilihlah perusahaan yang dekat dengan kampus kamu. 

3. Perhatikan aturan waktu minimal magang pada setiap industri yang kamu pilih
Magang/praktik industri biasanya dilakukan kurang lebih selama 2 bulan. Khususnya Jurusan Teknik Elektro UM, tak ingin memberatkan mahasiswaya, cukup 2 bulan saja. Setiap perusahaan memiliki aturan berbeda, ada yang diperbolehkan hanya 2 bulan magang, ada juga yang harus menjalani 3 bulan magang dan seterusnya. Pilihan ada pada kamu. Semua terserah keputusanmu menjatuhkan pilihan kepada perusahaan mana. Saran saya, cukup ikuti aturan jurusan saja jika kamu tak menginginkan semua rencana studimu ke depan molor. Hal yang mungkin harus diperhatikan yaitu cepat lulus, maka dari itu rencana studi ke depannya harus sesuai dengan target yang telah ditentukan. 

4. Pilihlah perusahaan yang telah bekerja sama dengan jurusan kamu
Memilih perusahaan yang telah berada pada list jurusan akan mempermudah kamu ke depannya. Tentu saja kamu hanya perlu mengirimkan proposal lamaran magang kepada perusahaan tersebut dan menunggu hasilnya diterima atau tidak. Beda halnya jika kamu memilih perusahaan yang belum terdaftar di list jurusan atau perusahaan yang belum bermitra dengan jurusan kamu. Pekerjaan tambahan akan membebanimu, karena kamu harus mengurus perijinan magang di tempat tersebut agar perusahaan tersebut masuk ke dalam list jurusan. Hmm tentunya sangat memakan waktu, jadi manfaatkan fasilitas pilihan perusahaan yang telah disediakan jurusan. 

Jangan patah semangat yaa bagi kamu yang belum mendapatkan kepastian penerimaan magang di perusahaan yang kamu pilih! Tetap semangat, jalan pasti ada untuk kamu yang selalu berusaha. Apakah kamu punya pertanyaan yang masih belum terjawab melalui postingan ini? Kamu dapat memberi pertanyaan di kolom komentar ya! Salam semangat!

Comments