KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN



KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN


Darma Anggar Puteri

Pada jaman yang canggih seperti ini, hampir semua hal dari berbagai bidang menggunakan teknologi yang canggih. Dimana semua orang ingin menggunakan sesuatu yang simple, tidak rumit. Begitu juga di bidang pendidikan, khususnya dalam pembelajaran. Pada masa dewasa ini, diperlukan adanya inovasi untuk menciptakan media pembelajaran yang unik dan menarik. Sehingga peserta didik tidak merasa bosan untuk belajar. Karena selama ini peserta didik sebagian besar merasa bosan untuk belajar dengan membaca buku. Maka dari itu solusi yang tepat untuk mengatasi hal semacam ini yaitu menciptakan suatu media pembelajaran yang inovatif, salah satunya yaitu komik.

Seperti yang kita tahu, komik merupakan gambar ilustrasi yang bermaksud menyampaikan pesan. Dimana gambar tersebut dibuat semenarik mungkin sehingga menarik minat pembaca untuk membaca dan mengerti maksudnya. Begitu juga dengan media pembelajaran menggunakan komik. Dimana komik yang dibuat nantinya mengandung potongan materi secara singkat namun jelas. 

Lalu bagaimana cara membuat komik untuk pembelajaran ? Caranya cukup simple. Kalian dapat membuat komik dengan menggunakan software, salah satunya bernama “Comic Life”. Dimana software tersebut memiliki banyak template yang nantinya digunakan untuk mengisi gambar-gambar dan dapat dijadikan sebagai jalan cerita pada komik nantinya. Berikut adalah tampilan software “Comic Life” :


1. Buka aplikasi Comic Life, dan pilih desain template yang diinginkan.



2. Inputkan gambar pada template tersebut, dan desain sesuai kreatif pribadi.



3. Jangan lupa inputkan materi yang ingin dibahas.


4. Taraa!! Komik pembelajaran sudah jadi!


5. Jangan lupa eksport komik tersebut ke dalam bentuk jpg atau png. Dengan cara : Klik File > Export > Export to image

Komik yang saya buat digunakan untuk menyampaikan materi yang ada sebagai pendamping buku. Dari contoh komik yang saya buat di atas memaparkan materi tentang cara kerja kapal selam, yang berarti merupakan ilmu sains. Pada cuplikan komik di atas terdapat 2 tokoh dalam cerita yang satu sama lain saling bertanya dan menjawab. Dimana pertanyaan yang diajukan salah satu tokoh berupa pertanyaan tentang cara kerja kapal selam. Lalu tokoh lain menjawab pertanyaan tersebut dan menjelaskan hingga detail disertai rumus-rumus yang ada. Dalam komik tersebut tersirat materi tentang daya apung beserta rumus-rumusnya. Tentu saja dengan adanya materi daya apung yang diilustrasikan dengan gambar lucu seperti itu akan membuat peserta didik tertarik untuk membacanya. Sehingga tidak menimbulkan kebosanan. Berbagai macam warna yang ada dapat membuat hati sang pembaca menjadi semangat dan menimbulkan rasa ingin tahu tentang apa isi dari komik tersebut. Dengan begitu, otak kanan dan otak kiri pembaca akan seimbang dengan melihat gambar-gambar pada komik dan sekaligus mendapatkan ilmu pengetahuan.

Maka dari itu, Yuk! Ciptakan media pembelajaran yang inovatif seperti ini!

Eiitttss!!  Namun, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu kelemahan dan kelebihan komik yang digunakan sebagai media pembelajaran.

Kelebihan Komik sebagai Media Pembelajaran


1. Gambar-gambar pada komik mempermudah siswa memahami materi
2. Menarik karena dilengkapi dengan alur cerita
3. Mempermudah penyampaian materi oleh guru
4. Menggugah minat belajar karena dapat ditambahkan lelucon di dalamnya

Kelemahan Komik sebagai Media Pembelajaran

1.Tidak semua siswa suka membaca komik
2. Terkadang gambar ilustrasi dapat menimbulkan ambiguitas
3. Susah diterapkan pada siswa yang kurang mampu memahami materi secara visual


Bagaimana menurutmu? Apakah sampai di sini sudah timbul keinginan membuat komik untuk menyampaikan materi pembelajaran ? Yuk, kreasikan idemu untuk membuat media pebelajaran komik!

Comments

Post a Comment