Merasa Salah Jurusan Kuliah? Kamu Harus Tahu Ini!


Hai! Apakah kamu mahasiswa yang sedang dilema? Bimbang dengan jurusan kuliahmu, mau dilanjutkan atau pindah jurusan saja? Sepertinya kamu harus tahu beberapa hal di bawah ini sebelum kamu salah melangkah!

1. Pertimbangkan secara matang saat memilih jurusan
Banyak pilihan bukan berarti kamu kalap dalam memilih ya. Cara yang paling utama agar kamu tidak merasa salah jurusan di awal, tentu saja kamu harus cermat memilih jurusan tersebut. Lalu apa dasar memilih jurusan saat kuliah? Kenali potensimu, atau pilih yang linear dengan studi kamu saat sekolah. Hal yang mungkin akan kamu pertimbangkan dalam memilih jurusan kuliah salah satunya yaitu potensimu. Kamu pasti mengerti tentang dirimu sendiri, mengenali potensimu sejak bersekolah itu sudah cukup untuk menentukan pilihanmu akan lanjut studi ke mana. Faktor lain yang turut mendukung pilihanmu yaitu jurusan yang linear dengan studi kamu saat sekolah. Jika kamu mempertimbangkan kedua hal tersebut, akan mudah untuk kamu memilih jurusan kuliah, dan tentu saja kamu nyaman dengan jurusan yang kamu pilih.

2. Bertahan, jika kamu merasa salah jurusan
Banyak mahasiswa yang merasa salah jurusan ketika sudah menginjak pertengahan masa kuliah, bukan di awal kuliah. Hal itu tak lain dikarenakan mahasiswa tersebut sudah bosan menjalani perkuliahannya. Rasa ingin mengakhiri perkuliahan tak akan terbendung, tak jarang mereka timbul keinginan untuk pindah jurusan. Jika kamu merasakan hal seperti itu, tampaknya jika mengambil keputusan untuk pindah jurusan, itu pilihan yang kurang tepat. Mengapa bisa begitu? Tentu saja rugi waktu. Kamu sudah berkenalan dengan jurusan yang kamu pilih dari awal, dan kamu sudah menjalani perkuliahan hingga pertengahan masa kuliah. Hal tersebut akan lebih baik jika kamu memilih untuk bertahan di jurusan tersebut dan segera menyelesaikan studimu. Tak ada salahnya jika kamu sudah memilih jurusan tersebut, karena kamu akan memiliki kemampuan baru dan ilmu baru. Waktu takkan kembali, hadapi segala rintangan yang ada di depanmu dan jangan dihindari karena setiap masa kamu akan menemui rintangan. Lanjutkan studimu, selesaikan dengan cepat, setelah itu kamu bebas mencari pekerjaan. 

3. Yakin pindah jurusan
Jika kamu merasakan kesalahan memilih dari jurusan sejak awal perkuliahan, akan lebih baik jika kamu memilih untuk pindah jurusan sesuai dengan keinginanmu. Hal yang harus mendasari keinginanmu memilih jurusan yang baru tentu saja melihat potensi yang kamu punya. Jika kamu merasa potensimu tidak akan berkembang di jurusan yang kamu pilih di awal, maka akan lebih baik kamu memilih jurusan lain yang bisa menjadi tempat untuk kamu mengembangkan potensimu. Jangan jadikan keinginan saja menjadi alasan kamu pindah jurusan. Tak jarang keinginanmu akan cocok untuk kamu. Terkadang Tuhan memberikan sesuatu tidak sesuai dengan yang kita inginkan, melainkan atas apa yang kita butuhkan. Jadi berpikirlah dengan sungguh-sungguh jika kamu ingin pindah jurusan.

Jangan patah semangat, di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Tuhanmu takkan memberikan cobaan yang melebihi kemampuanmu. Teruslah berusaha, jalani dengan ikhlas, dan tetap semangat!

Comments