Tips Memilih Jurusan Kuliah

Halo, bagi kamu pelajar SMA atau SMK yang sebentar lagi lulus, kamu sudah menentukan rencana kamu belum setelah lulus nanti? Apa kamu mau lanjut kuliah? Mau lanjut kuliah tapi bingung pilih jurusan apa? Yuk, simak tips dari saya!

Hal yang perlu kamu ketahui sebelum kamu memilih jurusan kuliah:

1. Pahami minat kamu
Kamu tentu di usia yany sekarang, pasti sudah mengerti arah minatmu. Mungkin kamu selama bersekolah hobi menggambar, maka saran pilihan jurusan yang tepat untuk kamu yaitu jurusan seni. Hampir semua universitas memiliki jurusan seni, nanti akan ada pembagian program studi, yang mungkin berupa seni rupa, DKV dan lain sebagainya. Kuliah akan lebih bermakna jika kamu menyukai jurusannya.

2. Lihat prospek lulusan dari jurusan tersebut
Hal yang mungkin sangat penting untuk dipertimbangkan oleh beberapa orang tentu saja pekerjaan yang akan didapatkan setelah lulus dari jurusan saat kuliah. Misalkan jika kamu nanti berniat menjadi seorang arsitek, maka jurusan yang kamu pilih yaitu arsitektur. Jika kamu tepat memilih jurusan sesuai dengan cita-cita kamu, maka jalan ke depannya akan lebih mudah karena sudah terencana sejak awal.

3. Sesuaikan dengan jurusanmu saat bersekolah
Khusus poin ini sifatnya sunnah, artinya kamu bisa melakukannya ataupun tidak. Maksud dari poin ini yaitu jika kamu saat bersekolah menempuh jurusan IPA, maka akan lebih baik jika kamu mengambil jurusan kuliah yang linear dengan IPA. Misalkan kedokteran, biologi, teknik, dan lainnya. Jika kamu saat sekolah mengambil jurusan TKJ, maka akan lebih baik jika kamu mengembangkannya dengan cara memilih jurusan Teknik Informatika atau sistem informasi.

Nah, apa kamu masih bingung mau pilih jurusan apa waktu kuliah nanti? Silahkan komentar di bawah ya. Salam semangat!

Comments