Edisi KPL- Menjajal Jadi Guru Profesional saat Kuliah (Part-4)

Tips Melaksanakan KPL Part-4 (Hal yang perlu dipersiapkan sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran)


Menjadi guru tentu saja perlu persiapan yang matang untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Bukan hanya persiapan mental, keberanian untuk berbicara di depan siswa, namun juga persiapan bahan ajar harus benar-benar disiapkan dengan baik. Yuk, simak kelanjutannya!

Hal yang perlu kamu siapkan sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran:

1. Menyusun RPP setiap pertemuan
Cara pertama diawali dengan menyususn Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran. Tentu kamu sudah mengetahui isi RPP kan? Kalau kamu belum tahu apa saja isi dalam RPP, kita bahas lain waktu ya! Mengapa RPP perlu kamu susun sebelum melaksanakan pembelajaran? Alasan utamanya adalah agar kamu dapat melaksanakan pembelajaran secara terstruktur sehingga waktu pembelajaran dapat kamu habiskan secara efektif dan efisien. Sebagai mahasiswa yang belajar menjadi guru, langkah ini harus kamu lakukan karena ini adalah dasar kamu untuk mengajar dan tentu kamu belum menjadi guru profesional sehingga perlu belajar dari dasar. Tak hanya itu, RPP yang kamu buat nantinya akan menjadi penilaian dalam kegiatan KPL atau praktik mengajar. Hal yang dinilai yaitu meliputi cara penulisan RPP hingga langkah kegiatan pembelajaran. Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, baiknya kamu menguasai RPP yang telah kamu buat, dengan begitu kamu mengetahui kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan setiap menitnya dan apa saja yang akan kamu ajarkan kepada siswa. Mahasiswa yang masih belajar menjadi guru pada kenyataannya kurang mampu mengoptimalkan waktu dalam kegiatan pembelajaran, maka dari itu perlu adanya RPP sebagai pegangan untuk mahasiswa praktikan agar waktu pembelajaran dapat terkelola secara maksimal.

2. Menyiapkan bahan ajar
Bahan ajar sangat diperlukan untuk mengisi waktu pembelajaran. Bahan ajar merupakan kumpulan materi yang akan disampaikan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Tentu saja bahan ajar ini sudah tergambarkan di dalam RPP. Bahan ajar dapat berupa modul, buku, ataupun materi yang dikemas dalam bentuk digital. Semua tergantung pada media apa yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi tersebut, tentunya untuk mempermudah siswa mengerti maksud dari materi yang disampaikan oleh guru. 

3. Merealisasikan RPP
Kegiatan pembelajaran digambarkan pada RPP, sehingga kamu yang masih belajar menjadi guru tidak mengalami kebingungan untuk mengisi waktu pembelajaran. Kegiatan diawali dengan pembukaan, kegiatan inti, dan penutupan. Kegiatan awal dapat meliputi salam, berdoa, hingga mengajak siswa berpikir secara umum mengenai materi yang akan diajarkan. Tak lupa, kamu bisa menyisipkan jargon agar siswa semangat memulai kegiatan pembelajaran. Kegiatan inti yaitu proses penyampaian materi oleh guru dan timbal balik oleh siswa. Maksudnya adalah adanya kegiatan penyampaian materi oleh guru berupa penjelasan, kemudian ada tanggapan siswa, hingga diakhiri dengan post test atau latihan soal untuk menilai tingkat pemahaman materi oleh siswa. Kegiatan penutup dapat diisi dengan kegiatan refleksi terhadap materi yang telah dipelajari pada pertemuan hari itu, kemudian menyimpulkan materi dan diakhiri dengan berdoa. 

Semua akan mudah jika kamu melakukannya dengan senang hati. Jangan berhenti untuk belajar! Yuk, persiapkan segalanya mulai dari sekarang! Salam semangat!

Comments