Edisi KPL- Menjajal Jadi Guru Profesional saat Kuliah (Part-2)

Tips Melaksanakan KPL Part-2
   

  Halo kawan mahasiswa, kembali lagi di tips melaksanakan KPL. Kali ini tips yang akan saya bagikan yaitu tips sukses berperilaku selama melaksanakan KPL. Profesi guru menuntut kita untuk menjadi teladan bagi siswanya, oleh karena itu kita sebagai guru harus sebisa mungkin memberikan contoh baik untuk para siswa. Tutur kata dan perilaku kita harus benar-benar diperhatikan. Siswa akan mencontoh perilaku kita maka dari itu kita perlu memberikan image positif di hadapan siswa. Tak perlu banyak basa-basi lagi, yuk simak tips di bawah ini!

Tips Sukses selama Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) Ditinjau dari Berperilaku

1. Disiplin
Hal terutama dalam menjalani kegiatan KPL adalah disiplin. Tentu saja kedisiplinan selalu menjadi nomor satu dalam kegiatan KPL, alasan utama dikarenakan KPL merupakan kegiatan pemantapan sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja. Kedisiplinan yang dilatih selama kegiatan KPL berlangsung yaitu (a) datang tepat waktu di sekolah; (b) masuk ke kelas tepat waktu; (c) disiplin memakai seragam sesuai ketentuan; (d) disiplin memenuhi segala tugas yang diberi; (e) disiplin melaksanakan piket harian. Yuk kita bahas satu per satu!

(a) Datang tepat waktu di sekolah
Cara yang paling sederhana adalah tepat waktu datang di sekolah. Bagi kalian yang akan melaksanakan KPL, belajarlah untuk bangun lebih pagi dari biasanya. Hal itu dikarenakan banyak persiapan yang harus diperhatikan sebelum kalian berangkat ke sekolah. Usahakan maksimal 15 menit sebelum jadwal sekolah dimulai, kalian harus sudah sampai di sekolah. Lebih awal kalian datang di sekolah, maka kalian bisa dengan santai mempersiapkan keperluan untuk mengajar. Jangan lupa ya, untuk selalu rekam finger setiap datang dan pulang.

(b) Masuk ke kelas tepat waktu 
Kalian akan diberikan jadwal mengajar oleh guru pamong, maka dari itu tidak ada alasan tidak tepat waktu masuk kelas karena lupa jadwal ataupun sejenisnya. Kalian harus tepat waktu masuk kelas karena akan selalu ada tinjauan dari guru piket. Jika ternyata ditemukan kamu tidak masuk ke kelas tempat kamu mengajar, maka akan ada sanksi oleh guru piket yaitu pelaporan kepada guru pamong kalian. 

(c) Disiplin memakai seragam sesuai ketentuan
Khusus hal ini setiap sekolah memiliki ketentuan berbeda dalam penggunaan seragam kerja untuk para guru. Tak jarang ada aturan khusus mengenai jadwal seragam untuk mahasiswa KPL. Informasi tersebut akan disampaikan oleh koordinator KPL di sekolah berkaitan. Jika kalian tidak sengaja lupa mengenai aturan pemakaian seragam, sebenarnya tidak ada poin pelanggaran yang berat namun tentu saja rasa malu yang akan kalian dapat, maka dari itu selalu perhatikan aturannya ya!

(d) Disiplin memenuhi segala tugas yang diberi
Selama kegiatan KPL berlangsung, kalian tidak hanya melatih kemampuan mengajar namun juga melatih kemampuan bersosialisasi. Tak jarang guru lain akan meminta bantuan kepada kalian, maka dari itu kalian harus siap siaga membantunya. Hal terpenting tentu saja kalian harus memenuhi tugas yang diberikan oleh guru pamong. 

(e) Disiplin melaksanakan piket harian
Berdasarkan pengalaman saya, piket harian ini terbagi menjadi beberapa jenis yaitu piket jabat tangan dan piket ruang. Maksud dari piket ruang ini adalah kalian piket di beberapa ruang seperti ruang guru, ruang perpustakaan, ruang praktik dan sebagainya, tentu saja dilakukan secara terjadwal. Piket jabat tangan biasa dilakukan di pagi hari sebelum jam masuk sekolah, kegiatan yang dilakukan yaitu menyambut para siswa yang baru datang. Piket merupakan hal wajib yang harus dilakukan, karena itu juga merupakan poin penting dalam melaksanakan aturan di sekolah yang bersangkutan. Jangan lupa piket kebersihan ruangan persinggahan kalian selama KPL!

2. Kooperatif 
Kalian harus selalu kooperatif selama melaksanakan kegiatan KPL. Salah satu contoh hal kooperatif yang dapat dilakukan yaitu selalu aktif membantu rekan kerja ataupun warga sekolah yang mengalami kesusahan. Sikap gotong royong harus selalu dijunjung, karena tidak akan ada lagi orang yang dapat membantu kamu selama KPL selain teman kalian, maka dari itu simbiosis mutualisme antar rekan kerja perlu selalu dibangun. Bersedia jika diminta bantuan oleh teman. 

3. Ramah dalam berperilaku
Faktor ini memang tidak mudah dilakukan bagi kalian yang termasuk dalam kategori orang yang cuek. Tapi kalian harus belajar menjadi orang yang ramah. Keramahanmu akan menjadikan orang respect terhadap kamu, salah satunya siswa. Setiap bertemu siswa maupun guru bahkan staff sekolah, kalian harus selalu biasakan untuk menyapa terlebih dahulu, hal tersebut mencerminkan kesopananmu dalam berperilaku. 

4. Sopan bertutur kata
Mahasiswa memang anak muda yang tak jarang suka berbicara di luar batasnya, maksudnya adalah perkataan yang tidak patut diucapkan. Hal tersebut tentu saja berbanding terbalik dengan kewajiban seorang guru yang harus menjadi teladan bagi siswanya, maka dari itu berhati-hatilah kalian dalam berucap ya. Kalian juga harus bisa membedakan waktu berbicara dengan guru maupun dengan siswa. Bercanda dengan siswa memang diperbolehkan namun jangan sampai berlebihan karena hal yang ditakutkan adalah siswa tersebut tidak sopan terhadap kita sebagi guru.

           Sekian tips berperilaku yang wajib kalian ketahui dan tentu saja harus kamu lakukan ya! Tunggu part selanjutnya, tips mendidik siswa bagi kalian para mahasiswa KPL. Kalian wajib baca, karena tidak mudah bagi mahasiswa mendidik siswa, selain karena alasan jarak umur yang terpaut tidak terlalu jauh, dan tentu saja kemampuan kamu yang kurang dalam mengkondisikan kelas. Selamat bertemu di part selanjutnya, sampai jumpa! Salam semangat!


Comments