Edisi KPL- Menjajal Jadi Guru Profesional saat Kuliah (Part-1)

Tips Melaksanakan KPL Part-1


      Menapaki perjalanan sebagai mahasiswa pendidikan, hal yang harus dilalui adalah uji kemampuan mengajar. Universitas Negeri Malang mewajibkan mahasiswanya untuk kajian dan praktik lapangan khususnya bagi mahasiswa S1 program studi pendidikan. Tampaknya seluruh kampus pendidikan memiliki program wajib seperti itu. Kegiatan tersebut biasa dijadwalkan pada semester ke-7 masa perkuliahan. Nyatanya untuk melalui kewajiban tersebut tak cukup mudah. Banyak halang rintang yang seringkali melelahkan bagi mahasiswa, maka dari itu perlu adanya usaha lebih untuk dapat bertahan dan melalui masa-masa itu. Bagi kamu mahasiswa pendidikan yang mungkin sebentar lagi akan menjalani kegiatan tersebut dapat menyimak poin penting yang dibutuhkan sebelum terjun ke lapangan. Khususnya bagi mahasiswa Universitas Negeri Malang, Program Studi Pendidikan, kamu wajib memperhatikan tips ini. Yuk, simak lebih lanjut!

Apa yang dimaksud dengan KPL?
KPL (Kajian dan Praktik Lapangan) merupakan program wajib bagi mahasiswa pendidikan untuk mempersiapkan dirinya sebelum terjun langsung ke dunia kerja menjadi seorang guru.

Bagaimana sistem KPL di kampus khususnya Universitas Negeri Malang?
Universitas Negeri Malang membagi pelaksanan program KPL sebanyak 2 gelombang. Jadwal pelaksanaan KPL biasanya diselenggarakan di semester 1 masa sekolah. Gelombang 1 dilaksanakan di awal semester, sedangkan gelombang 2 dilaksanakan di penghujung semester. Lama pelaksanaan KPL setiap gelombang yaitu kurang lebih 2 bulan. Pemilihan sekolah untuk dijadikan tempat melaksanakan KPL dilakukan secara online melalui portal KPL resmi milik kampus.

Alur melaksanakan Kajian dan Praktik Lapangan (KPL)

1. Pandailah memilih sekolah untuk melaksanakan KPL
Poin terpenting ada di sini. Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu kamu sudah harus menentukan sekolah mana yang akan kamu pilih untuk melaksanakan kegiatan KPL. Tentunya sekolah yang telah bermitra dengan kampus kamu. Pahami kelebihan dan kekurangan dari sekolah tersebut. Perhitungkan jarak kosmu dengan lokasi sekolah pilihan. Jangan sampai kamu salah pilih! Pastikan jarak tempuh sekolah dari kosmu tidak terlalu jauh, karena ini akan sangat berpengaruu terhadap manajemen waktumu. KPL tidak sebentar, dua bulan bukan waktu yang singkat. Pahami dengan baik, pertimbangkam secara matang, jangan sampai salah pilih!

2. Ambil program KPL
Langkah ini terbagi menjadi 2 yaitu kamu harus memproses KPL ke dalam rencana studi semester selanjutnya dan melalui portal KPL resmi milik kampus. Cara memproses KPL ke dalam rencana studi yaitu sama halnya dengan kamu memproses mata kuliah, cukup pilih KPL untuk ditambahkan ke dalam rencana studi kamu. Syarat memproses KPL ini telah ditentukan oleh jurusan masing-masing misalkan diwajibkan sudah menempuh sekian semester baru kamu bisa memprosesnya. Cara memproses KPL di portal resmi yaitu kamu memilih sekolah yang sudah kamu rencanakan sebelumnya. Khusus cara ini, kamu harus cepat dalam memprosesnya, karena sistemnya saling berebut dengan mahasiswa lain. Kasusnya yaitu belum sampai 5 menit pembukaan portal tersebut, sudah banyak pilihan sekolah yang kuota mahasiswanya sudah terisi penuh. Artinya adalah tidak hanya kamu yang merencanakan melaksanakan KPL di sekolah yang kamu impikan, tetapi temanmu yang lain juga memiliki pilihan sekolah yang sama denganmu, maka dari itu kamu harus cepat dalam memilih. Sekolah yang diincar oleh para mahasiswa yaitu sekolah yang dekat dengan kampus atau kosnya. Pengalaman saya, banyak teman yang dengan terpaksa memilih sekolah tujuan yang jauh dari kosnya, maka dari itu jangan remehkan langkah ini ya. Siapa cepat dia dapat!

3. Ikuti sosialisasi Pra KPL
Tujuan diadakannya sosialisasi sebelum melaksanakan KPL yaitu tentu untuk memberikan gambaran bagi kamu, mahasiswa yang akan melaksanakan KPL. Berbagai informasi seputar KPL akan dibagikan pada kegiatan ini, mulai dari kesopanan saat mengajar, kedisiplinan, tata cara ijin, kelengkapan berkas pasca KPL dan sebagainya. Kegiatan ini wajib untuk kamu ikuti agar kamu tidak tertinggal informasi. Jadwal pelaksanaan kegiatan ini biasanya digelar sebanyak 2 klli yakni sekitar satu bulan sebelum KPL dan satu minggu sebelum KPL untuk memantapkan lebih lagi. Kegiatan ini juga dilakukan pengelompokan sesama mahasiswa yang penempatan KPL di satu sekolah yang sama, dan tidak lupa menentukan ketua KPL di sekolah tersebut. Ingat ya, ini wajib.

4. Siapkan mental dan kuasai bidangmu
Ya, kegiatan wajib KPL memang sangat membutuhkan mental yang kuat untuk berhadapan langsung dengan para murid dan guru. Cara kamu berbicara, cara kamu berperilaku sangat diperhitungkan. Berkaitan dengan penempatan posisi mengajar, kamu harus memahami betul mata pelajaran yang kamu pegang. Bagaimana caranya? Yuk, simak terus!

5. Kuasai lapangan dan pahami mata pelajaran yang kamu pegang
Langkah ini dapat kamu lakukan dengan melaksanakan survey awal lingkungan sekolah sebelum kamu benar-benar memulai mengajar. Survey tersebut akan sangat membantu kamu untuk mengenali lingkungan sekolah dan memudahkan adaptasi dengan sekolah. Biasanya akan diadakan pertemuan awal antara mahasiswa KPL dengan pihak sekolah. Pengalaman saya, pihak sekolah yang menjadi koordinator KPL di sekolah yang bersangkutan yaitu Waka Kurikulum. Isi dari pertemuan tersebut yaitu tak lain membahasa seputar tata tertib mahasiswa sebagai praktikan di sekolah tersebut, dan agenda apa saja yang akan dilakukan selama KPL berlangsung. Pembagian mata pelajaran yang akan dipegang oleh setiap mahasiswa juga akan diumumkan pada pertemuan tersebut, tak luput juga pengenalan guru pamong yang akan menjadi penilai bagi mahasiswa dalam melaksanakan KPL. Selama kegiatan KPL berlangsung, koordinator KPL yang akan sering berkoordinasi dengan mahasiswa mengenai segala kebutuhan dan administrasi selama KPL berlangsung. Berkaitan dengan wajibnya menguasai mata pelajaran yang kamu pegang, caranya yaitu berkonsultasi dengan guru pamong kamu, agar kamu mendapatkan gambaran dari mata pelajaran yang akan kamu ajarkan. Ini wajib! Sebelum melaksanakan KPL, kamu harus menemui guru pamong untuk membicarakan jadwal mengajar hingga materi dalam mata pelajaran tersebut.

           Ya, begitulah tips sebelum melaksanakan KPL. Apakah kamu ingin tahu tips selanjutnya? Tips selama melaksanakan KPL akan hadir di part ke 2. Jangan lupa tunggu part berikutnya! Salam semangat!

Comments